LAPORAN
TENTANG PENGHAMBAT PEREKONOMIAN SERTA RENCANA DAN PROGRAM UNTUK MEMAJUKAN
KALIMANTAN BARAT DALAM HAL PEREKONOMIAN
Masalah
yang di hadapi indonesia cukup kompleks yaitu hampir di seluruh faktor-faktor
penting penggerak pertumbuhan
perekonomian suatu negara.Masalah itu juga yang turut di rasakan pemerintah
provinsi kalimantan barat yaitu masalah
minim nya infrastruktur yang memadai dan
di ikuti rendahnya investasi baik dari dalam negri maupun luar negri/asing,
minimnya sumberdaya manusia yang kompeten, dan belum terlaksananya cara atau
suatu sistem maupun program pemerintah daerah untuk mengatasi hal-hal tersebut.
Penanaman
modal asing yang masih berkonsentrasi di pulau jawa dan PMDN yang masih
berkonsentrasi di pulau jawa, sumatera dan sulawasi semakin menyudutkan provinsi kalimantan barat yang jauh dari perhatian pemerintah.
berkonsentrasi di pulau jawa, sumatera dan sulawasi semakin menyudutkan provinsi kalimantan barat yang jauh dari perhatian pemerintah.
Kalimantan
barat ialah salah satu provinsi yang tertinggal dalam hal perekonomian dan
kesejahteraan bila di bandingkan dengan tiga provinsi lainnya di pulau
kalimantan.Tertinggal nya provinsi kalimantan barat ini juga di pengaruhi oleh keadaan ekonomi
nasional yang masih bisa di nilai sangat
lemah, baik dari segi infrastruktur ,investasi, maupun sumberdaya manusianya
bila di bandingkan dengan Malaysia dan Singapura.
Bukan
rahasia umum lagi kalau nagara kita pada umumnya atau provinsi kalimantan barat
pada khusus masih butuh bantuan berupa investasi yang dapat memajukan tingkat
ekonomi dan kesejahteraan kalimantan barat.untuk mendapatkan dan menarik hati
para investor bukan lah hal yang mudah, pemerintah daerah dan seluruh elemen
masyarakat juga hasil lebih ekstra untuk berbenah.
Hal
dasar yang akan kita benahi ialah infrastruktur, prosedur perijinan yang
mempermudah para investor, mengoptimalkan harmonisasi dan sinkronisasi kebijakan baik pada tataran
pusat maupun antara pusat dan daerah dan lain sebagainya
guna menciptakan suasana yang kondusif bagi para investor.
Kondisi ekonomi kalimantan barat saat
ini sudah lebih baik dengan menurunnya angka penganggurn, kemisikinan, inflasi
serta meningkatnya pertumbuhan ekonomi yang di ikuti dengan semakin
bertambahnya tingkat investasi yang ada di kalimantan barat ini baik PMA maupun
PMDN setiap tahun.hal itu dibuktikan dengan dengan banyak nya jumlah proyek
PMDN/PMA yang telah memperoleh izin prinsip PM di kalimantan barat pada tiap
tahunnya.
Adapun bidang usaha yang sangat di
minati oleh PMDN dan PMA dalam 4 tahun terakhir ialah perkebunan kelapa
sawitdan industri minyak kasar(minyak makan) dari nabati. Yang masing PMDN
sebanyak 28 proyek sedangkan PMA sebanyak 39 proyek.
Investasi di kalimantan barat lebih
banyak bersumber dari PMDN di bandingkan dengan PMA, karena menurut data yang
di dapat dari BKMP kalbar pada tahun 2010 PMDN di rencanakan mendapakan 189
proyek namun yang terrealisasi sebanyak 137 proyek arti nya masih lebih dari
50% dari yang di rencanakan itu bisa terrealisasi sedangkan untuk PMA, dari 198
proyek yang di rencanakan hanya 66 proyek saja yang dapat di realisasikan.dari
kesimpulan di atas bahwa untuk saat ini kalimantan barat harus terus berbenah
dan memperbaiki sistem dan infrastruktur agar mudah dalam menarik minat
investor ke kalimantan barat.
Untuk perkembangan ekspor dan impor kalimantan barat
boleh di bilang cukup baik karena jumlah ekspor yang di dominasi oleh 2
komoditi yaitu hasil industri dan hasil non industri masih bertambah setiap
tahunnya, sedangkan untuk impor kalimantan barat yang di totalkan terjadi
penurunan pada tahun 2010 bila di bandingkan dengan tahun 2009(sumber bank
indonesia pontianak/sekda kalbar bulan september 2010).
Kalimantan barat ialah salah satu provinsi di
indonesia yang masih memiliki lahan yang sangat luas di tambah lagi tekstur dan
keadaan tanah sangat cocok untuk menjadi lahan perkebunan kelapa sawit, hal itu
lah salah satu faktor yang dapat menarik para investor, khusus nya yang
berminat di perkebunan sawit.
Seperti
yang kita ketahui kalau kalimantan barat ialah salah satu provinsi di indonesia
ini yang berbatasan langsung dengan negara lain yaitu malaysia.itu adalah salah
satu kelebihan yang seharusnya mampu di optimalkan untuk memajukan daerah
tersebut.Demi menjadi daerah yang maju baik dalam skala nasional maupun
internasional kalimantan barat harus memiliki rencana yang lebih jitu dan lebih
bisa melihat peluang kedepan untuk mampu bersaing di era globalisasi ini dan
strategi investasi.tentunya dengan cara
seperti berikut:
1. Lokasi
investasi tidak boleh menyalahi tata ruang kalbar, dalam arti setiap investasi
dan jenis proyek yang akan di laksanakan tidak meyalahi/berdampak negatif bagi daerah tersebut sehingga dapat
mengganggu merusak ekosistem yang sudah ada.
2. Pembenahan Kualitas Jaringan Infrastruktur Wilayah.
3. Pembenahan
butuhan kelistikan.
4. Pembenahan Kawasan Perbatasan .
5. Pembenahan Pembangunan Sektor Unggulan Perekonomian .
6. Pembenahan Kualitas Sumber Daya Manusia .
7. Pembenahan Dan Mempersiapkan Informasi & Teknologi
.
8. Pembenahan Kualitas Birokrasi dan Tata Kelola Dalam
Kerangka Otonomi Daerah
PTSP.
Kini pemerintah kalimantan barat benar-benar serius
dalam melakukan pembenahan infrastruktur yang di buktikan dengan diadakannya
pembuatan jalan yang menghubungkan kalimantan barat dengan provinsi-provinsi
lainnya.seperti yang kita ketahui kalau selama ini tidak ada jalan yang
langsung menghubungkan kalbar dengan provinsi lainnya, akan tetapi kini sudah
di rencanakan proyek jaringan jalan
lintas kalimantan itu yang akan menjadi transportasi darat dan
menghubungkan provinsi kalimantan barat
dengan provinsi lain di kalimantan bahkan sebagian sudah dalam tahap
pelaksanaan.
Proyek atau rencana jaringan jalan lintas kalimantan
di bagi menjadi tiga poros yaitu:
1. Poros
utara : dari liku-aruk – seluas – entikong- nanga badau- putusibau – batas
kalimantan timur= 739,94 km
2. Poros
tengah : dari sungai pinyuh- sanggau – tebelian- nanga pinoh- ella hilir- nanga
kempangan –batas kalimantan tengah sepanjang = 491,84 km
3. Poros
selatan : dari temajok-sambas – pontianak- tayan- balai berkuak- sandai-nanga
tayap-kalimantan selatan sepanjang = 749,60 km.
Kami rasa semua daerah ingin menjadi yang termaju
bila di bandingkan dengan daerah lain, begitu juga dengan kalimantan barat
ini.untuk menjadikan impian atau visi dan misi itu semua harus lah dengan
rencana dan rasa persatuan yang tinggi agar semua yang di inginkan dapat
terwujud, tentunya melibatkan berbagai elemen baik itu pemerintah daerah, pihak
swasta masyarakat dan lain-lain yang turut memiliki andil dalam hal tersebut
dengan cara :
a) Memajukan
infrastruktur pertambangan, agrobisnis, perindustrian, jasa dan perdagangan.
b) Memajukan
kerjasama investasi kemitraan
c) Memajukan
pendanaan bank umum,syariah, lembaga non bank, surat berharga, bank
pengkreditan.
d) Memfasilitasi
promosi peluang investasi tematik kalimantan barat dan lain sebagainya.
okelah
ReplyDeletemakasih....gampang nanti ane balas....
ReplyDelete