Pasar
Persaingan Sempurna
Pasar persaingan sempurna ialah struktur
pasar atau industri dimana terdapat banyak penjual dan pembeli, dan setiap
penjual atau pun pembeli tidak dapat mempengaruhi keadaaan di pasar.pasar
persaingan sempurna memiliki karakteristik atau ciri-ciri seperti berikut:
pasar adalah pengambil harag(perusahaan tidak bisa mengubah harga pasar), menjual
barang yang homogen ,setiap perusahaan mudah keluar atau masuk, mengahasilkan
barang serupa, terdapat banyak perusahaan di
pasar, dan pembeli mempunyai
pengetahuan sempurna mengenai pasar.dalam pasar persaingan sempurna interaksi
seluruh produsen dan seluruh pembeli di pasar yang akan menentukan harga pasar,
dan seorang produsen hanya ”menerima” saja harga yang sudah di tentukan
tersebut.ini berarti betapa banyak pun barang yang di produksikan dan di jual
oleh produsen, ia tidak akan dapat mengubah harga yang di tentukan oleh pasar
atau dengan kata lain. Pada pasar ini kekuatan permintaan dan kekuatan
penawaran dapat bergerak secara leluasa. Ada pun harga yang terbentuk
benar-benar mencerminkan keinginan produsen dan konsumen.
Permintaan mencerminkan keinginan
konsumen, sementara penawaran mencerminkan keinginan produsen atau penjual.
Bentuk pasar persaingan murni terdapat terutama dalam bidang produksi dan
perdagangan hasil-hasil pertanian seperti beras, terigu, kopra, dan minyak
kelapa. Bentuk pasar ini terdapat pula perdagangan kecil dan penyelenggaraan
jasa-jasa yang tidak memerlukan keahlian istimewa ( pertukangan, kerajinan ). Di
dalam jangka pendek, pemaksimuman keuntungan oleh perusahaan dapat di terangkan
dengan 2 cara berikut: Membandingkan hasil penjualan total dengan biaya total,
menunjukkan keadaan di mana hasil penjualan marginal sama dengan biaya
marginal.
No comments:
Post a Comment