Selamat Datang di Blog Maslan, Semoga Bermanfaat dan Mohon Sarannya


Monday 24 September 2012

Pasar Persaingan Sempurna



Pasar Persaingan Sempurna
Pasar persaingan sempurna ialah struktur pasar atau industri dimana terdapat banyak penjual dan pembeli, dan setiap penjual atau pun pembeli tidak dapat mempengaruhi keadaaan di pasar.pasar persaingan sempurna memiliki karakteristik atau ciri-ciri seperti berikut: pasar adalah pengambil harag(perusahaan tidak bisa mengubah harga pasar), menjual barang yang homogen ,setiap perusahaan mudah keluar atau masuk, mengahasilkan barang serupa, terdapat banyak perusahaan di
pasar, dan pembeli mempunyai pengetahuan sempurna mengenai pasar.dalam pasar persaingan sempurna interaksi seluruh produsen dan seluruh pembeli di pasar yang akan menentukan harga pasar, dan seorang produsen hanya ”menerima” saja harga yang sudah di tentukan tersebut.ini berarti betapa banyak pun barang yang di produksikan dan di jual oleh produsen, ia tidak akan dapat mengubah harga yang di tentukan oleh pasar atau dengan kata lain. Pada pasar ini kekuatan permintaan dan kekuatan penawaran dapat bergerak secara leluasa. Ada pun harga yang terbentuk benar-benar mencerminkan keinginan produsen dan konsumen.
Permintaan mencerminkan keinginan konsumen, sementara penawaran mencerminkan keinginan produsen atau penjual. Bentuk pasar persaingan murni terdapat terutama dalam bidang produksi dan perdagangan hasil-hasil pertanian seperti beras, terigu, kopra, dan minyak kelapa. Bentuk pasar ini terdapat pula perdagangan kecil dan penyelenggaraan jasa-jasa yang tidak memerlukan keahlian istimewa ( pertukangan, kerajinan ). Di dalam jangka pendek, pemaksimuman keuntungan oleh perusahaan dapat di terangkan dengan 2 cara berikut: Membandingkan hasil penjualan total dengan biaya total, menunjukkan keadaan di mana hasil penjualan marginal sama dengan biaya marginal.

No comments:

Post a Comment